Thursday, November 30, 2017

10 Makanan Khas Jawa Timur Yang Bikin Ketagihan

10 Makanan Khas Jawa Timur Yang Bikin Ketagihan

Makanan Khas Jawa Timur – Hallo Sahabat ! Bagi kalian pecinta makanan dan yang suka makan rugi jika tidak membaca artikel ini sampai selesai, karena pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada kalian mengenai makanan khas dari daerah Jawa Timur yang terkenal dan dicari oleh banyak orang.

Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Timur Pulau Jawa. Jawa Timur memiliki luas wilayah 47.922 km² dan Jawa Timur merupakan wilayah terluas dari 6 Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Jawa Timur beribukota di Kota Surabaya yang memiliki banyak tradisi yang pastinya unik dan menarik. Dan untuk sahabat yang berkunjung ke Jawa Timur, tidak boleh melewatkan wisata kuliner yang ada di Jawa Timur khususnya makanan khas Jawa Timur. Berikut ini adalah daftar makanan khas Jawa Timur yang menggugah selera dan yang harus sahabat coba :


1. Rujak Cingur



Pertama yang kita bahas adalah Rujak Cingur. Rujak Cingur merupakan makanan khas Kota Surabaya. Cingur diartikan sebagai hidung dan bibir atas pada kerbau atau sapi. Cingur merupakan irisan mulut kerbau atau sapi yang direbus dan dicampur dengan rujak khas Surabaya.
Dalam penyajiannya, Rujak cingur bisa dihidangkan biasa maupun matengan. Dalam penyajiannya yang biasa maksudnya sayuran yang di sajikan masih mentah, sedangkan matengan artinya sayuran yang dibuat rujak cingur sudah di rebus matang terlebih dahulu.

2. Pecel Semanggi



Selanjutnya yaitu pecel semanggi makanan yang berasal dari Surabaya. Semanggi adalah tumbuhan sekelompok paku air yang mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu untuk menyerap logam berat cd dan pb.  Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia sebagai bahan makanan.
Pecel semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus lalu dinikmati bersama sambal pedas yang nikmat dan menggugah selera. Pecel semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, dan serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Bumbu yang di pakai dalam makanan khas Surabaya ini memiliki bahan baku serta rasa yang menarik dan berbeda.

3. Lontong Balap



Lontong Balap merupakan makanan tradisional khas Surabaya. Lontong balap berisikan lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong tersebut di tumpangi irisan  tahu dan remasan beberapa lentho, kemudian di atasnya dituangin kecambah setengah matang, Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu sate kerang.
Dibilang “Balap” karena cerita yang pernah ada bahwa pada zaman dahulu para penjual lontong berebut pembeli yang berada dijalan maupun yang berada di pasar.Sehingga para penjual lontong ini terkesan balapan untuk mencapai tujuannya yaitu pos terakhir (pasar Wonokromo), maka dengan kejadian inilah terkenal dengan istilah lontong balap.

4. Sate Kerang


Pada umunya yang kita ketahui bahwa sate kebanyakan dimatangkan dengan dipanggang diatas bara api. Tetapi berbeda dengan sate khas Jawa Timur ini, sate ini dimatangkan dengan cara direbus, lalu ditumis  dengan menggunakan rempah-rempah khas jawa Timur. Sate kerang biasanya disajikan bersama dengan lontong balap.

5. Lontong Kupang



Lontong kupang adalah makanan yang berasal dari Jawa Timur yang sangat terkenal khsusnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan wilayah sekitarnya. Di daerah pesisir Jawa Timur, lontong kupang dikenal dengan nama kupang keraton.
Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih, kupang putih adalah hewan laut seperti kerang bentunya ada yang kecil sebesar biji beras dan biji kedelai. Lontong Kupang biasanya dihidangkan dengan dipadukan  bersama sate kerang dan minuman air kelapa muda yang segar.

6. Nasi Pecel Madiun



Selanjutnya makanan khas Jawa Timur yang kita bahas  adalah Pecel Madiun. dari namanya tentu sahabat sudah tahu dooong makanan ini berasal dari mana ?  yap! Betul. Makanan ini berasal dari Madiun Jawa Timur. Pecel merupakan makanan tradisional yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus  kemudian dilumuri bumbu sambel kacang. Sayuran yang biasa dihidangkan antara lain kacang panjang, toge , mentimun dan daun singkong. Pecel biasanya juga disajikan dalam pincuk atau piring lidi yang disebut ingke.

7. Soto Lamongan



Soto adalah makanan yang banyak dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Indonesia. Tetapi soto lamongan adalah soto khas dari daerah Lamongan. Walaupun soto ini sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia, namun soto lamongan memiliki ke khasan tersendiri, yaitu pada rasa dan penampilan yang bervariasi serta memperkaya keanekaragaman soto di Indonesia.

8. Nasi Krawu



Nasi Krawu adalah makanan yang berasal dari Gresik. Makanan ini  disajikan dengan daun pisang. Lauknya identik dengan daging sapi, yaitu berupa sayatan daging sapi, semur daging,jeraoan sapi , sambal terasi dan Serundeng.

9. Rawon



Rawon adalah makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Makanan ini berupa sup daging yang berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung luwek. Rawon merupakan olahan dari Jawa Timur yang terbuat dari bahan daging sapi yang dipotong kecil – kecil biasanya berbentuk segi empat dengan bumbu berupa campuran bawang merah dan putih, laos, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, dan garam.
Semua bumbu tersebut dicampurkan dan kemudian dimasukkan kedalam kaldu rebusan daging bersamaan dengan daging. Warna gelap yang hampir menyerupai warna hitam pada rawon yaitu berasal dari kluwek. Dan rawon biasanya disajikan bersama dengan nasi dan dilengkapi dengan toge, daun bawang, daging sapi goreng dan sambal.

10. Nasi Tepong



Nasi Tepong adalah makanan khas Jawa Timur khususnya daerah Banyuwangi. Nasi tepong  terdiri dari, sayuran rebus, tahu  goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi bersama sambal mentah yang super pedas. Sambal inilah yang menjadi ciri khas dari sego tepong ini. Karena sambalnya yang super pedas, orang yang makan nasi tepong terasa di “tempong” atau di tampar.

Nah, itulah beberapa makanan khas Jawa Timur. Sahabat harus cobain semuanya ya, agar tau bagaimana lezatnya makanan Indonesia. Demikian Sahabat yang bisa saya sharing mengenai 10 makanan khas Jawa Timur ini, semoga  yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

10 Makanan Khas Jawa Timur Yang Bikin Ketagihan


0 komentar:

Post a Comment