Monday, November 27, 2017

5 Mesjid Terbesar Di Indonesia


5 Mesjid terbesar di Indonesia – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang 5 Mesjid terbesar di Indonesia . Mesjid adalah tempat ibadah umat Muslim, ketika waktu sholat telah tiba umat Muslim  berbondong-bondong datang ke Mesjid. Mesjid memiliki ukuran dari yang kecil hingga terbesar. Berikut ini adalah 5 Mesjid terbesar di Indonesia.

1. Mesjid Istiqlal – Jakarta



Mesjid ini memiliki luas bangunan 2,4 hektare di atas tanah seluas 9,3 hektare, Mesjid ini merupakan Mesjid terbesar se-Asia Tenggara. Mesjid ini mampu menampung jama’ah hingga 200.000 orang. Selain sebagai tempat ibadah, Mesjid ini yang diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto. Mesjid ini juga menjadi obyek wisata religi,pusat aktivitas syiar islam dan pusat pendidikan.


2. Mesjid Nasional Al-Akbar – Surabaya 



Mesjid ini dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995 dan selesai pada tahun 2001. Mesjid ini mampu menampung jama’ah hingga 59.000 orang. Luas bangunan dan fasilitas penunjang Mesjid Al-Akbar Surabaya adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atapnya terdiri dari 1 menara, 1 kubah besar dan 4 kubah kecil.

3. Mesjid Kubah Emas – Depok



Mesjid ini berlokasi di Depok, Jawa Barat. Memiliki luas bangunan 8.000 meter persegi di atas tanah seluas 50 hektare, Mesjid ini memiliki daya tamping 20.000 jamaah. Mesjid ini memiliki lima kubah yang dari empat kubah kecil dan satu kubah utama yang semuanya dilapisi emas setebal dua hingga tiga millimeter dan mozaik Kristal.

4. Mesjid Islamic Center – Samarinda



Mesjid ini memiliki luas bangunan 43.500 meter persegi dan mampu menampung 10.000 jama’ah. Mesjid yang berlokasi di Kalimantan Timur ini dilengkapi tujuh menara, yang salah satunya di antaranya adalah menara utama dan tinggi 99 meter. Menara utama terdiri dari 15 lantai dan setiap Lantai memiliki tinggi rata-rata 6 meter.

5. Mesjid Biturrahman – Aceh


Mesjid ini mampu menampung 13.00 jama’ah. Luas Mesjid ini sekitar 40.000 meter persegi  di atas tanah 31.000 meter per segi. Mesjid ini menjadi sorotan publik saat terjadi gempa bumi dan tsunami pada tanggal 26 Desember 2004, atas kehendak Allah Mesjid ini selamat tanpa kerusakan saat sebagian besar kota Banda Aceh mengalami kerusakan.

Inilah 5 Mesjid Terbesar di Indonesia . Sebagai umat Muslim wajib memakmurkan Mesjid, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Hanyalah yang memakmurkan Mesjid-Mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat,menunaikan zakat dan tidak takut kepada siapapun selain Allah, maka merekalah yang termasuk Golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk” (QS At-Taubah: 18).

 Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang di beri petunjuk oleh Allah subhanhu wa ta’ala, Aamiin.




0 komentar:

Post a Comment