Wednesday, November 29, 2017

9 Penemu Dari Indonesia Yang Diakui Dunia Internasional


9 Penemu dari Indonesia- Indonesia merupakan Negara yang mempunyai kekayaan alam yang luar biasa. Pada kesempatan kali ini saya akan menshering mengenai 9 penemu dari Indonesia . hasil penemuan dan inovasi ilmuwan-ilmuan asal Indonesia ini dipakai secara Internasional dan mendunia. Berikut ini adalah orang-orang hebat asal Indonesia.

1. Tjokorda Raka Sukawati



Tjokorda merupakan penemu Sosrobahu. Sosrobahu merupakan teknik konstruksi yang digunakan terutama untuk memutar bahu lengan beton jalan layang. Sistem ini menghemat tempat, dan tidak memacetkan lalu lintas yang berada di bawahnya bila sebuah jalan layang dibuat di atas jalan lain.



2. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo



Penemu satu ini merupakan lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung) angakatan 1934 . Pada tahun 1962 Sedyatmo berhasil menemukan pondasi cajar ayam. Sistemnya ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta di Jakarta, dan banyak bangunan yang lainnya di dunia.

3. B.J. Habibie



B.J. Habibie adalah Presiden ke-3 RI , Ia juga merupakan salah satu penemu besar dari Indonesia. Habibie merupakan penemu teori faktor dan metode pada teknologi pesawat terbang.

Dalam dunia penerbangan, teori yang ditemukan oleh Habibie dikenal dengan sebutan krack Progession. Teori ini membuat pesawat lebih aman, menghindari resiko pesawat jatuh dan lebih mudah dan murah untuk pemeliharaannya.

Dengan penemuannya ini bisa meringankan bobot besar pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar hingga 10 % dari bobot sebelumnya. Angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat.

4. Tjandramukti



Tjandramukti merupakan peneliti pertanian tropis dan salah satu pelopor mixer farming. Pada tahun 2000 ia berhasil menemukan Varietas kedelai baru yang memilik produktifitas yang tinggi, mencapai 3,4 ton per hektar (tertinggi di daerah tropis secara internasional) dibandingkan rata-rata nasional yang hanya 1,3 ton per hektar.

Selain kedelai , beliau juga menemukan konsep sumur resapan komunal untuk memanen air hujan di lahan persawahan serta metode optimalisasi tanaman subtropi di daerah tropis contohnya seperti ketela pohon, jagung dan kedelai.

5. Prof. Dr. Khoirul Anwar 



Khoirul Anwar merupakan pemilik paten system telekomunikasi 4G yang berbasis (Orthogonal Frequency Division Multiplexing ).  Khoirul Anwar adalah Warga Negara Indonesia yang bekerja di Nara Institute of science and Technology, Jepang.

Khoirul Anwar adalah Lulusan dari Jurursan Teknik Elektro ITB (Institut Teknologi Bandung) pada tahun 2000. ia meraih gelar master dan doktor  pada tahun 2005 dan 2008, dan ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA.

6. Mukibat

 


Mukibat adalah seorang petani sedarhana dari Kediri. Ia menemukan sistem penanaman singkong yang revolusioner pada tahun 1950. Mukibat menempelkan batang ketela pohon karet yang  daunnya rimbun di atas ketela pohon biasa . dengan sistemnya ini  menghasilakn hasil yang sangat luar biasa.

Dengan sistem pemanen berulang sebuah ketela pohon dapat memproduksi hingga 5 x lipat dari yang biasanya. Sistem tempel pada ketela pohon saat  ini secara Internasional dinamai dengan nama penemunya yaitu sistem Mukibat, namun saat ini banyak orang yang mengaku-ngaku sebagai sistem mereka dengan sedikit modifikasi dari yang aslinya.

7. Mujair



Ikan Mujair adalah ikan yang hidup di air tawar .nama ikan ini tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat luas. Nama ikan mujair diambil dari nama penemu ikan tersebut yaitu Mujair . Mujair adalah seorang pria tua yang pada tahun 1939 menemukan ikan yang akhirnya dinamai dengan namanya di muara sungai Serang,Blitar. Beliau juga berhasil mengembang biakkan ikan yang aslinya ikan laut menjadikan ikan air tawar.

8. Michael Iskandar a.k.a Om Chia 



Iskandar berhasil menemukan mesin Big Bang yang dipakai oleh Velentino Rossi. Sejak tahun 1949 Iskandar menjadi pembalap yang membawa bendera Suzuku. Loyalitasnya yang tinggi pada profesi yang dijalani menimbulkan kepercayaan dan hasil yang maksimal. Tahun 60-an iskandar mengubah profesi, namun dalam koridor dunia balap dengan menjadi mekanik, karirnya terus meningkat dan terus berkreasi sesuai iklim balap di  Indonesia.

9. Minto



Minto adalah pria berusia 48 tahun dan berprofesi sebagai guru SD Negeri Prambon, kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun , Jawa Timur. menemukan kompor tenaga Surya pada tahun 1986. Berawal dari pemikiran , saat itu kayu hutan dan minyak bumi  mulai menipis dan kemungkinan besar akan habis, ia memikirkan pembuatan kompor tenaga surya. Pengetahuannya tentang sifat lensa dan penyerapannya terhadap panas mengilhami pembuatan kompor tenaga matahari itu.

Minto mengakui kompor tenaga surya berfungsi ganda yang dihasilkan memang tidak praktis, namun memang perlu penyempurnaan supaya lebih praktis.

Itulah 9 penemu dari Indonesia yang di akui oleh dunia. Tentunya masih banyak penemu-penemu yang berasal dari Indonesia diluar sana. Semoga dengan berjalannya waktu semakin banyak penemu-penemu yang berasal dari Indonesia yang di hasilkan oleh generasi muda.






0 komentar:

Post a Comment