Wednesday, January 3, 2018

Madu Sebagai Obat Mujarab


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Madu sebagai obat yang dicantumkan dalam kitab suci Al-Qur’an. Al Quran adalah pedoman bagi seluruh umat manusia. Segala kehidupan yang ada di bumi ini sudah dicantumkan dalam al-qur’an. Pernasalahan yang dihadapi oleh umat manusia tentunya sudah ada solusinya, contohnya seperti sakit. Allah memberikan kita ujian berupa sakit sudah pasti ada obatnya. Di dalam Al – Qur’an Allah memberikan solusi kepada umat manusia mengenai obat yang paling mujarab, yaitu MADU.



Madu merupakan obat yang paling ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.  Madu memiliki banyak manfaat dalam kesehatan, selain di jadikan obat madu juga bisa digunakan untuk  bahan kecantikan wajah.  Sangat banyak manfaat yang terkandung dalam madu ini membuat  banyak orang yang menjadikan madu ini sebagai bahan alternative alami dalam mengobati berbagai macam penyakit .

Madu dan lebah mempunyai keistimewaan yang sangat luar biasa, di dalam AL-QUR’AN  Allah mencantumkan nama lebah  di salah satu surah di al – Qur’an ,yaitu surah “An-nahl”

Dalam surah an-nahl ayat 68 – 69 Allah subhana wa ta’ala berfirman yang artinya
“ Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah : Buatlah sarang –sarang di bukit – bukit, di pohon – pohon kayu, dan di tempat – tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap – tiap ( macam) buah – buahan dan tempuhlah jalan rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluarlah minuman ( madu ) yang bermacam – macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia “ Qs. An – nahl

Berdasarkan ayat di atas sudah sangat jelas bahwa Allah menciptakan lebah, dan lebah memproduksi madu yang bermanfaat bagi manusia. Adapun khasiat dari madu secara ilmiah ini sudah di teliti oleh ilmuwan terkemuka yang sekarang namanya banyak di jadikan sebagai nama rumah sakit di berbagai Negara, beliau adalah Ibnu Sina (890 – 1037 ) Beliau tercatat sebagai dokter yang mengulas mengebai khasiat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran.

1 comment: