Monday, January 1, 2018

Penyebab daun bewarna hijau yang perlu diketahui

daun

Penyebab daun bewarna hijau

Salah satu pertanyaan yang sering kita dengarkan, mengapa daun identik berwarna hijau ? Pada kesempatan  kali ini saya akan menjelaskan mengenai pertanyaan ini secara ilmiah ataupun biologis. Sebelumnya harus kita ketahui juga bahwa ada daun yang tidak berwarna hijau, seperti warna kuning atau merah.



Pada umumnya daun memiliki klorofil yang dominasi pigmen bewarna hijau yang terletak di serat – serat tanaman.  pigmen hijau daun klorofil  berfungsi untuk melakukan penyerapan sinar matahari  agar bisa berjalannya proses fotosintesis  . Fotosintesis merupakan proses sintesa sari makanan dengan bantuan cahaya sinar matahari .

Pigmen – pigmen hijau ini berada dan dibuat di dalam sutu bagian sel plastida yang disebut sebagai kloroplas. Pigmen hijau menutupi pigmen – pigmen warna lainnya. Daun bewarna hijau karena daun mengandung figmen klorofil . cahaya matahari jika diuraikan terdiri dari berbagai cahaya dengan panang gelombang yang berbeda dengan bantuan prisma kita mampu mendeteksinya sebagai cahaya bewarna merah, hijau,kuning,jingga, biru dan ungu klorofil menyerap cahaya merah dan biru – ungu yang bermanfaat dalam reaksi terang fotosintesis . sedangkan cpada cahaya kuning dan hijjau dipantulkan. Itulah sebab mengapa daun tampak bewarna hijau .

Mengapa daun yang bewarna hijau bisa berubah warna ?

Mengapa daun yang bewarna hijau mampu berubah warna  lain seperti kuning atau merah ?  Selain klorofil, ada beberapa jenis daun yang memiliki pigmen – pigmen lainnya, conrohnya seperti karoten ( carotene ) dan antosianin ( anthocyanin ) . Karoten  berfungsi menyerap cahaya biru  dan biru – kehijauan menyisakan warna merah serta warna kuning. Sedangkan antosianim menyerap sangat banyak cahaya bewarna hijau, biru – kehijauan , serta hijau dan mampu memantulkan cahaya bewarna merah.

Inilah Penyebab daun bewarna hijau dan Mengapa daun yang bewarna hijau bisa berubah warna . semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang suka belajar ilmu pengetahuan alam (IPA ) . terima kasih.



2 comments:

  1. http://sahabatbasuki.com/telp-0851-0075-0064-wa-0838-3842-6850-rfc-fried-chicken-jual-ayam-kentucky-semarang/

    ReplyDelete
  2. http://sahabatbasuki.com/jasa-rias-pengantin-semarang/

    ReplyDelete