Thursday, December 21, 2017

Akibat dari Rotasi Bumi

rotasi bumi


Akibat dari Rotasi Bumi - Bumi yang tinggali oleh umat manusia ini tidak diam , melainkan berputar pada porosnya yang disebut sebagai rotasi bumi. Bumi memperlukan waktu untuk melakukan satu kali rotasi dan ini disebut dengan kala rotasi, kala rotasi yang di perlukan bumi adalah 23 jam 56 menit. Kita sebagai penghuni bumi tidak dapat  merasakan pergerakan rotasi ini, tetapi masih bisa merasakan dampak dari rotasi bumi, diantaranya dampak rotasi bumi ini :



1. Adanya gerak semu harian matahari 

Semu ini seakan-akan matahari bergerak mengelilingi bumi , di pagi hari matahari nampak muncul disebelah timur dan di waktu siang hari matahari terlihat berada di atas kepala , dan di sore hari matahari tampak terbenam disebelah barat.

2. Terjadi siang dan malam

Perputaran bumi ini mengakibatkan sebagian bumi menghadap matahari dan ada yang membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari akan. menglami waktu siang dikarenakan mendapat cahaya dari sinar matahari, dan bagian bumi yang membelakangi matahari akan terjadi waktu malam karena tidak adanya cahaya dari matahari

3. Adanya perbedaan waktu

Perbedaan waktu yang terjadi di berbagai tempat di bumi, yang terjadi siang dan malam akan mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu di bumi ini.

4. Terjadinya gerakan pembelokan arah angin

Angin bertiup dari tempat yang bertekanan tinggi menuju tempat yang bertekanan rendah.

5. Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi bumi

Rotasi bumi sendiri menghasilkan gaya sentrifugal, gaya ini merupakangaya arahnya menjauhi pusat. Gaya sntrifugal yang ditumbulkan oleh rotasi bumi menyebabkan bumi tidak berbentuk bulat sempurna melainkan tetap pada kedua kutubnya dan menggembung pada khatulistiwa sehingga diameter kutub bumi lebih kecil dari pada diameter khatulistiwa.

6. Terjadinya pembelokan arah arus laut angin

Pembelokan ini mengakibatkan terjadinya arus laut. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut sebagai akibat rotasi bumi ini disebut dengan efek coriolis.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai akibat dari rotasi bumi ini yang kita bisa rasakan pergerakannya sehari- hari. Semoga bermanfaat.

Akibat dari Rotasi Bumi


0 komentar:

Post a Comment