Monday, December 18, 2017

Apakah Mata Minus bisa dikurangi ?


mata minus


Sangat sering kita melihat seseorang yang memakai kacamata untuk bisa melihat jarak yang jauh . hal ini di agnose sebagai gangguan mata , yang kemungkinan terjadi adalah myopia atau yang biasa disebut sebagai rabun jauh.

Rabun jauh atau miopia merupakan kondisi dimana adanya keburaman ketika melihat benda-benda yang berada jauh dari kita, namun masih mampu melihat benda yang berada di jarak dekat dengan jelas. Hal ini terjadi akibat gambaran benda yang dilihat tidak dibiaskan tepat di retina mata melainkan di depannya. Untuk bisa melhat dengan jelas bayangan benda-benda haruslah jatuh tepat di retina. Maka digunakan kacamata dengan lensa yang negatif (‘minus’) untuk mengoreksi kelainan yang terjadi.


Mengapa mata seseorang bisa mengalami rabun jauh ? ada dua keadaan yang bisa menjadi penyebabnya :

1. Kekuatan lensa mata yang terlalu kuat sehingga bayangan jatuh di depan retina
2. Sumbu bola mata yang terlalu pangang yang mengakibatkan bayangan jatuh depan retina. Oleh karena pertambahan sumbu bola mata kemungkinan masih akan terjadi sampai seseorang menjadi dewasa. Jadi rabun jauh seseoang masih bisa bertambah.

Terkadang menggunakan kacamata yang berlensa kontak memberikan ketidaknyamanan, dan juga menghalangi seseorang untuk melakukan beberapa aktivitas tertentu. Yang sangat di sayangi ialah belum ditemukan obat-obatan yang mampu mengurangi rabun jauh. Pembedahan refraktif ( pembedahan yang dilakukan untuk memperbaiki sistem refraksi mata) pembedahan ini menjadi satu-satunya cara yang paling efektif untuk mengurangi ketergantungan akan lensa kontak maupun kacamata .

Berbagai macam – macam teknik dan teknologi bedah tersedia saat ini. Secara umum prosedur operasi refrakif dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Pembedahan pada organ kornea mata, dilakukan dengan teknik Radial Keratotomy (RK), photorefractive Keratectory (PRK) dan laser in situ keratomileusis (LASIK). Teknik ini memiliki kelebihan berupa durasi operasi yang singkat dan penyembuhaannya yang sangat cepat.
2. Pembedahan organ  dalam mata (Intraokular)

Melihat banyaknya Vaiasi pembedahan yang dapat dilakukan, evaluasi pasien secara menyuluruh sebelum pembedahan merupakan cara penentuan teknik terbaik yang akan memberikan hasil yang sesuai di harapkan.

0 komentar:

Post a Comment