Friday, December 8, 2017

Inilah alasan Balikpapan pantas sebagai kota ternyaman di Indonesia

Inilah Alasan Balikpapan Pantas Sebagai Kota Ternyaman Di Indonesia





Balikpapan merupakan kota yang terletak di Kalimantan Timur, Kota ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Kota yang bermaskot beruang madu ini resmi berdiri pada tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini berasal dari seminar sejarah Balikpapan yang diadakan pada tanggal 1 Desember 1984.

Balikpapan memiliki luas wilayah 503,3 km persegi, pada bulan April tahun 2015 kota ini di nobatkan sebagai kota paling dicintai di dunia ( The World’s Most Loveable City) oleh World Wildlife Fund (WWF). Pada tahun itu juga Balikpapan tampil sebagai kota yang paling nyaman dan layak huni di Indonesia berdasarkan survey Indonesia Most Livable City Index versi ikatan ahli perncana Indonesia (IAP)

Apa yang sebenarnya dimiliki oleh kota yang didalamnya banyak ditemui beragam  suku dan etnis ini seperti Banjar, Bugis, Makassar, Jawa, Gorontalo, Madura, dan lain-lain ini ? Mari bersama kita ungkap beberapa keunggulan kota ini yang dihimpun dari berbagai sumber.



1. Kebersihan dan kelestarian lingkngan


Balikpapan tercatat memperoleh Penghargaan Adipura sebanyak 18 kali. Pada tahun 2013 dan 2014 kota ini berhasil meraih penghargan tertinggi dalam bidang kebersihan, Piala Adipura Kencana. Penghargaan ini diberikan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. Indikatornya antara lain adalah pengelolahan sampah, pengendalian pencemaran air dan udara.
Menurut Warga Balikpapan , terciptanya Balikpapan sebagai kota yang bersih, hijau dan sehat ini dikarenakan kesadaran kebersihan kota yang sudah ditanamkan sejak dini melalui kurikulum di sekolah-sekolah. Peraturan daerah tentang kebersihan juga cukup ketat membuang sampah tidak pada tempatnya dikenai denda. Peraturan ini berdasarkan perda no. 10/2004 ,denda yang dijatuhkan sebesar-sebesarny 5 juta atau kurangan 3 bulan. Mulai dari sinilah terbentuk karakter masyarakat kota yang peduli pada masalah kebersihan.

2. Lalu lintas yang tertata

Lalu lintas di kota ini merupakan salah satu yang terbaik. Lalu lintas Balikpapan menunjukkan yang paling nyaman serta pengendaranya yang sopan-sopan dan saling mengalah.
Hal ini dibuktikan dengan perolehan penghargaan Wahana Tata Nugraha yang merupakan penghargaan dari pemerintah Republik Indoneia kepada kota yang mampu menata transportas Publik dengang baik. Dari tahun ke tahun sebanyak 18 kali, Balikpapan berhasil meraih penghargaan ini terhitung sejak tahun 1992 sampai tahun 2014.

3. Pembangunan Infrastruktur yang pesat

Kebanggaan untuk masyrakat kota Balikpapan tersendiri  yaitu tak lepas dari pembangunan infrastruktur yang jor-joran dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Pembenahan infrastruktur yang dilakukan seperti angkutan umum dan perbaikan jalan, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan dan lain-lainnya.
Balikpapan merupakan pintu gerbang menuju daerah lain di kaltim, kota ini memilik infrastruktur terbaik di antara kota-kota lainnya yang ada di provinsi tersebut.

4. Memiliki Bandara Internasional

Pada tahun 2014 Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, setelah bersaing dengan 79 bandara di dunia, Bandara kota ini masuk peringkat ke 16 dengan tingkat layanan terbaik di dunia, berdasarkan survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI).

Peringkat yang diperoleh bisa dibilang cukup pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada 2012 Bandara ini berada di urutan 221 dunia, tahun 2013 meningkat ke posisi 191, sedangkan 2014 melesat ke posisi 16. Bandara ini juga berada di urutan ke 12 Asia serta merupakan nomor 1 sebagai bandara yang terbaik di Asia Tenggara.

5. Kaya tempat wisata

Berbagai objek wisata yang ada di Balikpapan antara lain adalah wisata hutan lindung  sungai wain dan hutan Mangrove Margomulyo. Wisata pantai ada banyak diantaranya Pantai Manggar, Pantai Lemaru , dan Pantai Kemala . ada lagi taman bekapai di pusat kota yang bagus untuk nongkrong. Ada wisata air  yang menawarkan berbagai wahana , carribean Waterpark . atau meilhat penangkaran Buaya Teritip dan lain sebagainya.

6. Teknologi terapan yang mantap

Di Balikpapan terdapat pengelolaan sampah TPA hingga menjadi gas metana, pengelolaan limbah cair warga pemukiman atas air menggunakan isntalasi pengolahan Air Limbah (IPAL) di margasari, serta mampu menjaga hutan kota, hutan mangrove (bakau), dan hutan lindung yang banyak menghasilkan oksigen untuk udara yang bersih dan aktif melakukan penghijauan.
Balikpapan pernah mendapatkan Evireomentally Sustainable City (ESC) Award. ESC merupakan penghargaan Internasional di bidang lingkungan, dengan tiga indicator yaitu clean land, clean water, clean air.

7. Perekonomian yang hidup.

Balikpapan memiliki sarana transportasi yang lengkap yaitu darat, laut dan udara, Balikpapan menjadi gerbang wilayah di Kalimantan Timur maupun untuk wilayah Indonesia Timur.  Di Balikpapan terdapat banyak pilihan pabrik multinasional sebagai berkakrir antara lain Total Oil Indonesia , chevron, Halliburton , Schlumberger, dan masih banyak yang lainnya.

8. Kotanya yang Kondusif 

Balikpapan adalah kota yang tenang, sangat jarang sekali ada terdengar ada demo. Meskipin diisi oleh banyak berbagai suku di Indonesia dan ditambah bersliwerannya tenaga kerja dari luar Indonesia, kota Balikpapan bisa di bilang sebagai kota yang aman dan damai.

Besarnya jumlah pendatang di kota Balikpapan telah membawa banyak keberagaman etnis, sehingga di Balikpapan dikenal sebagai kota yang heterogen, baik dari segi adat istiadat maupun agama, Namun demikian hal ini tidak menjadi kendala dalam mewujudkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Tercatat setidakny ada 104 kelompok etnis yang ada di Balikpapan.
Etnis ini berperan penting dalam menjaga keharmonisan masyarakat, sehingga Balikpapan menjadi salah satu kota yang kondusif di Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment