Monday, December 18, 2017

Penyebab – Penyebab mata berkedut yang perlu kita ketahui


mata terkedut


Setiap orang pasti pernah mengalami mata berkedutan secara tiba-tiba, kelopak mata terasa cenat cenut dan biasanya terjadi hanya pada satu sisi saja. Ayo mari bersama-sama kita cari tahu apa penyebab terjadinya mata berkedutan ini.

Penyebab terjadinya hal ini adalah adanya gerakan tiba-tiba akubat kontraksi otot orbikularis okuli, yaitu otot yang terdapat pada kelopak mata. Saat mengalami mata berkedut akan merasa seakan – akan kelopak mata bergerak secara spontan, orang yang berada di dekat kita kurang mampu untuk melihat pergerakan kelopak mata ini.

Nama lain dari kedutan ini adalah twitching , twitching ini bersifat episodik (berulang) dan biasanya kedutan ini terjadi dalam beberapa detik maupun menit, namun kedutan ini akan hilang dengan sendirinya.


Hal ini seringkali dikaitkan dengan beberapa kondisi seperti :

1. Adanya faktor kelelahan setelah melakukan kegiatan
2. Merasa stress
3. Meminum-minuman yang beralkohol
4. Mengonsumsi kafein secara berlebihan

Pada umumunya rasa kedutan ini adalah gangguan ringan yang akan sembuh dengan sendirinya dan tidak pula berkaitan dengan penyakit lain , jadi jangan khawatir bila terjadi hal seperti ini. Oleh karena itu, mata kedut ini tidak perlu membutuhkan pengobatan khusus. Yang dibutuhkan hanyalah istirahat yang cukup serta mengurangi konsumsi alcohol dan kafein.

Namun disisi lain, yang harus perlu kita ketahui bahwa terdapat beberapa kondisi mata terasa berkedutan yang berbahaya dan harus di konsultasikan dengan dokter. Diantara gejala-gejalan tersebut yaitu :

1. Mata berkedutan yang berkepanjangan, misalnya berlangsung lebih dari 1 minggu
2. Mata kedutan hingga menutupi mata seluruhnya
3. Terdapatnya gejala tambahan pada mata seperti mata memerah, bengkak, ataupun berair
4. Kedutan mata yang disertai kedutan pada area lain di daerah wajah


 Jika kondisi mata kedutan terjadi dalam waktu yang lama, berat dan mungkin sangat menganggu , kemunkinan kondisi tersebut bukanlah gejala yang normal, melainkan pertanda dari penyakit lain yang mungkin lebih berat.

2 comments:

  1. http://sahabatbasuki.com/jasa-rias-pengantin-semarang/

    ReplyDelete
  2. http://sahabatbasuki.com/madu-enak-madu-3-rasa/

    ReplyDelete